Tanaman Buah Ini Jangan Dibunuh dan Dianggap Remeh, Obati Diabetes dan Sakit Paru-paru Ganas


Pernahkah Anda mencicipi buah ciplukan?
Buah ciplukan adalah tumbuhan liar yang biasanya hidup di berbagai tempat kering maupun basah baik diladang ataupun persawahan.
Walaupun tanaman ini digolongkan kedalam gulma (tumbuhan pengganggu tanaman budidaya), tetapi siapa sangka bahwa manfaat buah ciplukan sangat banyak, terutama untuk mengobati penyakit penyakit dalam seperti diabetes melitus dan juga penyakit paru-paru.
Buah ciplukan juga kaya akan vitamin yang diperlukan oleh tubuh seperti vitamin A dan vitamin C, buah ini juga kaya akan kalori.
Ciri-ciri tanaman ciplukan antara lain tinggi tanaman dewasa kurang lebih 30 hingga 60 cm dengan batang tak keras serta daun hijau berukuran sedang lebih kecil dari daun sirih.
Buahnya dibungkus dengan kelopak biasanya buah yang masak berwarna kuning seukuran buah cerry atau buah kopi.
Rasa buahnya manis agak asam.

Manfaat Buah Ciplukan

Dan inilah lima manfaat buah ciplukan yang sangat berguna bagi kesehatan tubuh serta bisa digunakan untuk mengobati penyakit dalam tubuh.
1. Diabetes Melitus
Semua bagian pada buah ciplukan termasuk batang, ranting, daun, dan buah bisa dimanfaatkan untuk mengobati penyakit diabetes melitus, hal ini disebabkan kandungan dalam tanaman ciplukan mampu menekan dan melawan serangan penyakit gula dalam darah.
Cara penggunaannya adalah dengan melakukan perebusan menggunakan dua sampai tiga gelas air putih.
Sementara itu tumbuhan ciplukan dipotong dengan ukuran tiga sampai empat centimeter.
Air hasil rebusan disisakan sampai kira kira satu gelas setelah dingin barulah diminum sekali setiap hari.
2. Sakit Paru-paru
Kandungan yang terdapat pada buah ciplukan juga berfungsi untuk mengobati penyakit paru-paru, karena akan melancarkan aliran darah dalam organ tersebut.
Selain itu kandungan zat dalam tanaman ciplukan juga bisa mengoptimalkan kinerja organ paru paru.
Cara penggunaannya yakni direbus dan diminum airnya sama dengan cara penggunaan untuk mengobati diabetes melitus tadi.
3. Kaya Vitamin C
Dari riset dan penelitian beberapa waktu lalu, dikemukakan bahwa buah ciplukan memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi.
Sebagaimana yang telah kita ketahui sebelumnya bahwa vitamin C berperan penting untuk kesehatan tubuh seperti untuk mengobati sariawan, untuk kesehatan kulit dan juga meningkatkan kekebalan tubuh.
4. Tinggi Vitamin A
Selain memiliki kandungan vitamin C yang tinggi, buah ciplukan juga memiliki kandungan vitamin A yang tinggi dan sangat baik untuk kesehatan.
Kandungan buah ciplukan berguna untuk menyehatkan mata, kesehatan kulit, dan juga meningkatkan kekebalan tubuh dengan baik.
Ternyata tanaman ciplukan dapat juga membantu menetralkan radikal bebas dari beberapa faktor dan juga melindungi berbagai macam penyakit yang menyerang di dalam tubuh.
5. Asupan Kalori
Sedang diet, atau ingin diet?
Mungkin anda perlu memasukkan buah ciplukan kedalam menu diet, karena buah ini cukup tinggi kalori dan rendah lemak.
Sama dengan buah buahan lain, buah ciplukan juga banyak mengandung serat.(ramuanobat.com)
loading...

0 Response to "Tanaman Buah Ini Jangan Dibunuh dan Dianggap Remeh, Obati Diabetes dan Sakit Paru-paru Ganas"

Post a Comment